Rabu, 01 Mei 2013

INI SEMUA TENTANG KOMITMEN

orang bilang komitmen itu gampang.
mudah sebagaimana ketika diucapkan.
komitmennya sih gampang, tapi konsistensi yang mengikutinya itu lho...

sahabat...
saya pernah hidup di suatu dunia yang berbeda.
di sana saya temukan makna terdalam diksi komitmen dan konsisten...

Komitmen kuujar dalam rangka menghentikan kebiasaan merokok..
dan setelahnya saya senantiasa ingat bahwa saya pernah mengujar kata "menghentikan"...
dengan mengingat kata itu, saya terdorong untuk tidak merokok..
kemudian saya berhenti merokok...

Sahabat,
Suatu kali saya lupa ujaran itu.
saat itu kami sedang bertamasya ke Pantai...
kami semua merasa senang dan melakukan banyak hal di luar kebiasaan..
kami berkumpul dan menenggak satu jenis minuman bersulang..
lalu memasukkan beberapa sigarets ke dalam mulut kami..
kami senang dan saya lupa....

Ketika saya lupa, saya akhirnya meruntuhkan konsistensi..
saya kembali memulai kebiasaan yang telah lama kutinggalkan
saya merokok...
Komitmen itu sederhana, tapi konsistensi harus dijaga,,

Mungkin begitu dalam "membangun cinta"

"berikan aku waktu 2 detik saja untuk jatuh cinta padamu....
tapi garansikan aku waktu seumur hidup untuk terus memperjuangkan cintaku padamu..."

INi tidak mudah. Membangun cinta yang sudah ada itu susah.
susah jika keduanya tidak saling terbuka.
lalu, kalau terbuka berarti bebas masalah ya?
Bukan begitu juga, kadang kejujuran itu pun menyayat hati.

"sayang aku harus jujur, jika aku jatuh cinta (lagi) dengan orang selain kamu"..
ini jujur lho, tapi menyakitkan...

Jujur itu mulia, tapi kadang menyayat hati.
tapi berbohong itu jahanam...
lalu berbohong demi kebaikan? itu juga jahat...
pada dirinya berbohong adalah perbuatan tak baik...

Ahh.... kawannn !!!
ini sudah terlalu ngalor ngidul. kata om Bule: *out of control*.
apa intinya dari omong2 di atas?
Begini saja... Komitmen dan konsistensi itu membuat hidup lebih prinsipil,
berdaya guna, dan menegaskan kejatian diri...
Komitmen (untuk berbuat baik) dan konsisten mempertahankannya akan menghasilkan buah2 yang berlipat..
ada yang 10 kali lipat, 30 kali lipat, dan bahkan 100 kali lipat....

*Kayu Manis, ujanawet, 2 Mei "13

Tidak ada komentar: